Mau Daftar Mudik Gratis 2019? Simak Syarat dan Caranya Di Sini

mudik gratis 2019

Pulang kampung atau mudik, merupakan rutinitas dan tradisi tahunan yang biasa masyarakat Indonesia lakukan ketika mendekati hari raya atau lebaran. Dan hanya tinggal hitungan hari, Ramadhan 1440 H akan segera tiba, itu saatnya para pemudik harus segara berburu tiket mudik, sebelum kehabisan. Namun, jika ingin menghemat biaya pengeluaran saat mudik, Anda juga bisa mendaftar mudik gratis 2019 yang digelar pemerintah.

Biasa dilakukan tiap tahun, mudik gratis memang selalu menjadi incaran bagi para sobat rantau. Tidak hanya itu, program mudik gratis 2019 yang digelar pemerintah, mungkin menjadi solusi agar bisa pulang ke kampung halaman tanpa keluar biaya besar, terutama seperti mahasiswa perantau yang belum ada pemasukan.

Namun, tiket mudik gratis biasanya akan diburu sebelum masuk bulan Ramadhan, bahkan sudah dibuka mulai dari sekarang. Diketahui, hari pertama Ramadhan 1440 H diprediksi akan jatuh pada tanggal 6 Mei 2019. Nah, untuk sobat perantau, bisa langsung mendaftar ya, jangan sampai kehabisan tiket mudik gratis.

Transportasi yang disediakan pemerintah pun beragam, mulai dari moda transportasi laut yakni kapal laut, dan transportasi darat seperti kereta dan bus.

Tidak hanya itu, pemudik pemotor atau yang ingin membawa motornya ke kampung halaman, juga akan difasilitasi. Hal tersebut dilakukan guna meminimalisir angka kecelakaan saat perjalanan mudik lebaran.

(Baca Juga: Dapatkan Tiket Mudik Gratis 2019, BUMN Siapkan 7.026 Tiket, Ini Syaratnya)

Nah, ingin tahu pendaftaran mudik gratis yang sudah dibuka apa saja? Berikut tanggal, syarat dan cara pendaftarannya;

1. Pendaftaran Mudik Gratis 2019 (Kereta Api)

Bagi pemudik yang berburu tiket mudik gratis untuk moda transportasi kereta api, pendaftarannya sudah dibuka sejak 12 Maret 2019. Tanggal ini juga berlaku bagi Anda yang memiliki kendaraan bermotor, dan wajib mendaftarkan motor Anda secara online.

Layanan perjalanan mudik gratis ini khusus bagi Anda yang akan melakukan perjalanan mudik pada tanggal 27 Mei – 2 Juni 2019, dan arus balik pada tanggal 8 – 13 Juni 2019.

2. Pendaftaran Mudik Gratis 2019 (Moda Bus)

Untuk moda bus, pemudik sudah bisa melakukan pendaftaran secara online mulai tanggal 20 Maret 2019.

Untuk mengikuti program mudik gratis ini syaratnya juga cukup mudah, Anda hanya harus menyiapkan dokumen peribadi seperti KK, KTP, dan STNK.

Dapatkan berbagai pilihan asuransi di sini 

3. Pendaftaran Mudik Gratis 2019 (Moda Kapal Laut)

Untuk moda transportasi perjalanan dengan kapal laut, pendaftaran sudah mulai dibuka sejak 8 April 2019.

Namun, demi mengantisipasi adanya pembeludakkan peminat, Kementrian Perhubungan membatasi pendaftaran sampai 15 mei 2019.

Selain mendaftar melalui online, ternyata Anda juga bisa mendaftar langsung ke kantor Kementrian Perhubungan. Tapi, ada syarat khusus bagi pemudik yang ingin daftar langsung, yakni tidak memakai kaos oblong dan juga sandal jepit.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut untuk syarat dan informasi lainnya, Anda bisa mengunjungi situs resmi program mudik 2019 di laman mudikgratis.dephub.go.id.

Nah, sangat menarik dan bermanfaat bukan, program mudik gratis 2019 kali ini? Tapi, sebaiknya Anda juga melengkapi perlindungan perjalanan mudik Anda agar tetap aman dan nyaman dengan cara mengajukan asuransi perjalanan. Dimana dan bagaimana? Di situs Cekaja.com, Anda bisa melihat berbagai macam informasi, perbandingan, serta pilihan asuransi perjalanan yang bisa Anda dapatkan dengan cara yang mudah. Yuk Cek sekarang di https://www.cekaja.com/info/cek-cara-ikutan-mudik-gratis-kemenhub-buruan-daftar/

Dapatkan informasi selengkapnya hanya di CekAja.com

 

Related posts

Leave a Comment