Cermati Isi Polis Asuransi Jiwa Sebelum Membeli

Asuransi jiwa bukanlah istilah yang jarang didengar masyarakat, namun kenyataannya pemahaman akan apa itu asuransi jiwa dan seluk beluknya masih sangat rendah. Salah satunya adalah pemahaman tentang apa itu polis asuransi jiwa. Bahkan beberapa orang menganggap premi dan polis adalah dua hal yang sama. Walau keduanya adalah istilah yang biasa digunakan di dunia asuransi, kenyataannya kedua istilah ini memiliki makna yang sangat berbeda.

Pengertian Polis

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, polis adalah surat perjanjian antara orang yang ikut asuransi dan perusahaan asuransi. Surat perjanjian ini berisi hak dan kewajiban dari perusahaan asuransi dan juga orang yang ikut asuransi. Maka dari itu, mencermati isi dari polis asuransi adalah keharusan sebelum membeli.

Fungsi Polis

Pada dasarnya, polis akan dipegang oleh kedua belah pihak, baik orang yang ikut asuransi dan perusahaan asuransi itu sendiri. Fungsi dari polis asuransi jiwa sendiri berbeda bagi perusahaan asuransi dan orang yang ikut asuransi, yaitu sebagai berikut:

Fungsi Polis Bagi Orang yang Ikut Asuransi

Bagi orang yang ikut asuransi, polis berfungsi sebagai:

  1. Bukti yang dapat digunakan untuk menuntut perusahaan asuransi, saat perusahaan lalai memenuhi kewajibannya,
  2. Bukti transaksi yang diberikan kepada perusahaan asuransi sebagai yang menanggung,
  3. Bukti tertulis atas jaminan atas kerugian orang yang ikut asuransi, yang ditanggung perusahaan asuransi sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati kedua belah pihak.

Fungsi Polis Bagi Perusahaan Asuransi

Bagi perusahaan asuransi, polis berfungsi sebagai:

  1. Bukti untuk menolak tuntutan dari orang yang ikut asuransi, apabila penyebab kerugian tidak sesuai dengan yang tertera di dalam polis,
  2. Bukti transaksi yang diterima dari orang yang ikut asuransi,
  3. Bukti tertulis atas jaminan atas kerugian yang diberikan perusahaan asuransi sebagai yang menanggung kepada orang yang ikut asuransi sebagai yang tertanggung.

Informasi Mengenai KTA Online

Cermati Isi Polis Sebelum Membeli

Pada umumnya, jenis asuransi yang ditawarkan kepada calon pembeli sangatlah banyak. Tentunya, setiap jenis asuransi memiliki detail polis yang berbeda, hal inilah yang harus dicermati sebelum membeli. Pada umumnya polis asuransi berisi tentang kebijakan perusahaan, hak dan kewajiban kedua belah pihak, kondisi yang ditanggung seperti kematian dan kecacatan, jumlah premi yang dibayarkan, lama kontrak dan lain sebagainya.

Karena berisi informasi yang sangat mendetail, lembar polis biasanya cukup panjang dan terkadang sulit dipahami oleh calon pembeli. Walau demikian, jangan sembarang membeli asuransi tanpa mengetahui dan memahami dengan detail isi polis. Mintalah perusahaan untuk menjelaskan isi polis hingga anda benar-benar memahaminya. Ketidakpahaman akan isi polis dapat berujung pada persengketaan antara kedua belah pihak yang disebabkan kesalahpahaman akan isi polis.

Jika anda merasa kesulitan dalam menemukan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan anda, anda dapat menggali informasi lebih dalam di https://www.cekaja.com/asuransi-jiwa

 

Leave a Comment