Ingin Pindah Asuransi Kendaraan? Coba Perhatikan Hal Ini

asuransi kendaraan

 

Salah satu hal penting yang harus dilakukan ketika memiliki kendaraan ialah mendaftarkan asuransi. Hal tersebut dilakukan, guna melindungi kendaraan Anda dari berbagai macam risiko yang mungkin terjadi, seperti kecelakaan, kerusakan, dan hal lainnya, sehingga asuransi kendaraan juga dibutuhkan.

Kendaraan yang diasuransikan tidak hanya kendaraan yang sudah lunas dibayar, kendaraan yang masih dalam masa kredit pun membutuhkan produk asuransi. Namun, kendaraan seperti mobil dengan jenis pembayaran kredit, biasanya sudah memiliki layanan asuransi yang diberikan bersamaan ketika Anda mengajukan kredit kendaraan dan disetujui.

Lantas, bagaimana jika Anda berniat untuk memindahtangankan atau menjual mobil posisinya masih kredit seperti ini?

Nah, untuk Anda yang berniat menjual mobil dengan kondisi demikian, Anda harus mencermati masalah asuransi. Pasalnya, ketika Anda menjual mobil, kepemilikan kendaraan juga akan berpindah nama serta mengurus perpindahan nama asuransi mobil tersebut.

Hal tersebut, dilakukan bukan hanya untuk kepentingan Anda saja, melainkan untuk kebutuhan pemilik kendaraan Anda nantinya. Pihak asuransi pun memiliki beragam kebijakan untuk masalah perpindahan asuransi.

Selain itu, mengurus perpindahan asuransi juga untuk kebaikan sang pembeli kendaraan Anda, jangan sampai mereka merasa dirugikan. Nah, berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin pindah asuransi:

Cek berbagai informasi asuransi terbaik Indonesia, Di Sini

1. Siapkan serta lengkapi dokumen-dokumennya

Dalam proses jual-beli, mempersiapkan segala dokumen pelengkap dan memadai adalah hal yang penting. Seperti, BPKB (Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor) jika mobil sudah lunas, bukti yang menunjukan siapa pemilik pertama kendaraan, STNK (Surat Tanda nomor Kendaraan), polis asuransi, dan lain-lain.

Tidak lupa untuk menyiapkan surat jual beli guna memudahkan proses, serta melengkapinya dengan materai Rp 6 ribu.

Baca Juga: Ingin Pengajuan Asuransi kendaraan Anda Tak Ditolak? Perhatikan 9 Hal Ini

2. Cek layanan asuransi mobil Anda

Selain mempersiapkan dokumen, Anda juga perlu untuk memahami informasi terkait layanan asuransi kendaraan Anda selama ini. Hal tersebut juga akan memudahkan calon pembeli dalam melakukan klaim dan urusan lain terkait asuransi kendaraan.

Tidak lupa untuk memahami jenis asuransi yang dipakai, karena hal ini perlu Anda jelaskan ke pembeli, sehingga calon pembeli akan mudah memahami detail asuransi mobil tersebut dengan baik.

3. Lakukan pengecekan kondisi mobil Anda

Sama seperti ketika kita ingin menjual barang ke orang lain, sebelum menjual serta memutuskan pindah asuransi mobil pun, Anda harus mengecek kondisi mobil yang kelak jadi milik orang lain.

Hal tersebut dilakukan agar mobil Anda cepat menemukan calon pembeli dan memberikan daya tarik, bahwa mobil Anda masih dalam keadaan bagus.

4. Laporkan pada pihak perusahaan asuransi

Hal yang tak boleh terlewatkan ialah Anda harus memberi tahu pihak asuransi bahwa Anda ingin memindahtangankan kendaraan Anda. Sehingga mantan pemilik dapat terbebas dari berbagai urusan terkait polis asuransi yang dibebankan.

Semua hal diatas dipastikan dapat dipahami dengan baik sebelum melakukan pindah asuransi mobil. Tujuannya, agar Anda tidak merasa dirugikan dikemuan hari.

Ada banyak jenis produk asuransi kendaraan yang bagus dan terpercaya. Nah, pilihan asuransi kendaraan yang pastinya aman bisa Anda lihat di Cekaja.com. Tidak hanya memberikan berbagai pilihan asuransi dan juga informasi terkait asuransi kendaraan, Anda juga bisa langsung mengajukan asuransi kendaraan Anda secara online.

Cekaja.com hadir dengan tujuan mempermudah cara mendaftar asuransi kendaraan dan perbandingannya dari berbagai perusahaan asuransi terbaik di Indonesia. Anda akan diberikan kemudahan mendaftar, bantuan konsultasi gratis, dan perbandingan produk asuransi yang memiliki premi murah dan menguntungkan.

Namun, sebelumnya Anda wajib terlebih dahulu membaca dan memahami informasi produk asuransi yang tersedia dan mempersiapkan syarat-syarat yang diperlukan. Untuk mengajukan aplikasi di Cekaja.com, berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan:

  • Masukkan kode daerah plat nomor kendaraan Anda
  • Isi kolom Kriteria dan Persyaratan
  • Pilih produk kartu kredit berdasarkan perbandingan yang didapatkan
  • Daftar, atau hubungi call center untuk layanan dan konsultasi gratis

https://www.cekaja.com/asuransi-kendaraan

Leave a Comment